M A L A N G

Kamis, 31 Mei 2012 | komentar

Teropong Kota Malang
Assalamulaikum... makasih ya udah mau berkunjung di blog yang sederhana ini. Aku mau mengupas sedikit kisah tentang Kota Malang. Mungkin, kalau orang luar kota yang gak tau kalau ada kota namanya Malang. Mungkin mereka menganggap itu cuma sebuah kata yang berarti mengenaskan, tertindas, dan lain sebagainya. Padahal kota bersuhu dingin ini terkenal dengan kemajuan pendidikannya, serta kebersihannya. 
 Buktinya, pada tahun 2010, sepuluh penghargaan dalam bidang penataan lingkungan dan kebersihan tersebut meliputi Adipura (kategori kota besar), Pasar Besar, Pasar Oro-oro Ombo dan Taman Tugu Kota Malang serta 7 Adiwiyata.
Berarti ini menambah koleksi prestasi yang kita raih bersama. Prestasi yang diraih antara lain adalah dalam kategori Adipura kota besar, Pasar Besar, Oro-Oro Ombo, dan Taman Tugu Kota Malang. Sedangkan tujuh penghargaan Adiwiyata lainnya, diterima oleh tujuh lembaga pendidikan. “Tahun 2009, kita juga dapat Adiwiyata, dan tahun2010 lalu kita juga dapat mempertahankan lagi dengan penghargaan serupa.
Ya, setiap tahun Kota Apel ini selalu menyelenggarakan festival MTD atau dikenal dengan nama Malang Tempoe Doeloe. Dalam wadah ini, pemerintah Malang mengimbau agar masyarakat lebih mengenal dan mencintai kotanya. Di sana  tersedia barang-barang  zaman dulu. Seperti alat-alat rumah tangga, sepeda unta, buku-buku, foto-foto, galeri bung karno, sekolah si budi, dan masih banyak lagi pameran yang disediakan. Yang juga tak kalah serunya dengan kudapan khas zaman dulu. Seperti : rukem, es gandul, gulali, tebu, dll. Tentunya saya juga tak melewatkan festival tahunan itu. 

Setelah puas berkeliling, kami sekeluarga pulang. Dan di tengah perjalanan kami singgah sejenak di depan sebuah bangunan panjang. Yang ternyata itu adalah pasar oro-oro dowo. Pasar itu adalah pasar yang seluruh penjualnya adalah orang Cina/ keturunan Cina. Kata ayah, pasar itu adalah satu-satunya pasar tradisional yang lantainya dikeramik. Dan termasuk pasar yang bersih bagi masyarakat menengah ke atas, (tapi itu menurut beliau, karena aslinya saya juga tidak pernah masuk ke pasar itu). Di sana bahan makanan khusus orang Cina non muslim tersedia lengkap, dari daging ayam hingga daging babi semuanya ada. 
Ngomong-ngomong tentang Malang, pasti nggak bisa jauh-jauh ya, dari kata Unikama atau yang biasa disebut Universitas Kanjuruhan Malang. Sebenarnya kampus ini dulunya bernama IKIP PGRI. Kampus ini merupakan proses pengembangan merger antara IKIP PGRI Malang dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STIBA) Kanjuruhan Malang yang bernaung di bawah bendera Yayasan Pembina Lembaga Perguruan Tinggi PGRI. Yayasan ini kemudian berubah menjadi Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI). Dengan demikian, berdirinya Universitas Kanjuruhan Malang merupakan proses pengembangan perguruan tinggi PGRI. mungkin itu sedikit informasi tentang HMPS TI Unikama. SEMOGA BERMANFAAT....^^


Artikel ini dibuat untuk menyelesaikan dan mengikuti lomba blog yang diadakan oleh HMPS TI Unikama
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. HMPS TI UNIKAMA DAN KAMPUS MULTIKULTURAL | FRIENDSHIP - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger